Senin, 30 Desember 2019

peluang transaksi online trading berdasarkan todays analysis (monex news)

HARGA EMAS BERPOTENSI NAIK ATAS PELEMAHAN DOLAR PASCA OPERASI MILITER AS



Harga emas bergerak naik ke level $15115.15 di awal sesi Senin, atas pelemahan dolar setelah operasi militer AS di Iraq dan Suria untuk menekan militan Hazbullah di hari Minggu kemarin.

Laporan operasi militer AS menambah tekanan pelemahan dolar yang sudah diawali di hari Jumat lalu, di tengah ketidakpastian kabar kesepakatan dagang AS - Tiongkok. Mobilisasi militer ini berpeluang menekan dolar melemah. Pelaku pasar juga menantikan laporan data AS Chicago PMI jam 21:45 WIB.

Bila pelemahan dolar AS berlanjut, harga emas berpeluang naik menguji level resisten $1516 - 1520. Tetapi bila hasil yang dirilis dari data Chicago PMI lebih baik dari estimasi berpeluang menekan harga emas turun menguji support $1510 - $1504.

Level Support : 1510 - 1504 - 1598
Level Resiste : 1516 - 1520 - 1525



SENTIMEN PELEMAHAN DOLAR AS DAN PERNYATAAN OPTIMIS TERKAIT BREXIT BERPELUANG MENOPANG KENAIKAN GBPUSD


GBPUSD berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek seiring sentimen pelemahan dolar AS serta adanya pernyataan dari Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di akhir pekan lalu bahwa Uni Eropa mungkin perlu untuk perpanjang batas waktu untuk pembicaraan hubungan dagang baru dengan Inggris.
Secara teknikal, GBPUSD masih berpeluang naik selama harga masih konsisten bergerak di atas indikator moving average 50 - 100 - 200.

Untuk sisi atasnya, level resisten terdekat terlihat di 1.3150, menembus ke atas dari level tersebut berpeluang memicu kenaikan lanjutan ke 1.3200 sebelum membidik resisten kuat di 1.3270. Sementara itu untuk sisi bawahnya, level support terdekat terlihat di 1.3100, menembus ke bawah dari level tersebut berpotensi mendorong penurunan lanjutan ke 1.3050 sebelum menargetkan support kuat di 1.2980.

Level support : 1.3100 -1.3050 - 1.2980
Level resisten : 1.3150 - 1.3200 - 1.3270



SENTIMEN PELEMAHAN DOLAR AS BERPELUANG MENOPANG KENAIKAN EURUSD

Di tengah minimnya data ekonomi domestik dari wilayah zona Euro, EURUSD berpeluang lanjutkan pergerakan naik dalam jangka pendek karena dipicu oleh sentimen pelemahan dolar AS.

Secara teknikal, EURUSD berpeluang bergerak naik selama masih bergerak di atas indikator moving average 50-100-200 di dalam grafik 4 jam.

Untuk sisi atasnya, level resisten terdekat terlihat di 1.1240, menembus ke atas dari level tersebut berpeluang memicu kenaikan lanjutan ke 1.1290 sebelum membidik resisten kuat di 1.1350. Sementara itu untuk sisi bawahnya, level support terdekat terlihat di 1.1160, menembus ke bawah dari level tersebut berpotensi mendorong penurunan lanjutan ke 1.1110 sebelum menargetkan support kuat di 1.1050.

Level support : 1.1160 - 1.1110 - 1.1050
Level resisten : 1.1240 - 1.1290 - 1.1350



TURUNNYA PRODUKSI RIG AS BERPELUANG MENOPANG KENAIKAN HARGA MINYAK

Harga minyak berpeluang bergerak naik dalam jangka pendek karena sentimen turunnya aktivitas rig AS dalam laporan Baker Hughes dan cadangan minyak mentah AS dalam laporan EIA di akhir pekan lalu serta munculnya optimisme atas kesepakatan dagang antara AS dengan Tiongkok.

Secara teknikal, harga minyak masih berpeluang naik selama harga bergerak di atas level indikator moving average 50-100-200 di dalam grafik 4 jam.

Untuk sisi atasnya, level resisten terdekat terlihat di 62.10, menembus ke atas dari level tersebut berpeluang memicu kenaikan lanjutan ke 62.60 sebelum membidik resisten kuat di 63.20. Sementara itu untuk sisi bawahnya, level support terdekat terlihat di 61.30, menembus ke bawah dari level tersebut berpotensi mendorong penurunan lanjutan ke 50.80 sebelum menargetkan support kuat di 50.20.

Level support : 61.30 - 50.80 - 50.20
Level resisten : 62.10 - 62.60 - 63.20


Harga Emas Bersinar Terang, Tanda Dilirik Investor Lagi?


Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas global di pasar spot mengalami kenaikan tipis pada awal perdagangan hari ini, Senin (30/12/2019). Pekan lalu menjadi sejarah baru bagi harga bullion untuk menembus level psikologis di atas US$ 1.500/troy ons.

Senin ini, harga emas mencapai level US$ 1.514,04/troy ons atau naik 0,24% dibanding harga penutupan Jumat pekan kemarin. Tepat sehari setelah Natal, harga logam mulia ini mengalami kenaikan dan melampaui level psikologis US$ 1.500 setelah awal November tahun ini.





Mengutip Reuters, menurut beberapa sumber walau hubungan Amerika Serikat dengan China membaik dan akan segera mengadakan upacara penandatanganan kesepakatan dagang fase pertama, tetapi pelaku pasar masih waspada. Pasalnya detail poin kesepakatan antara kedua belah pihak masih belum jelas.

klik simulasi trading


"Kesepakatan perdagangan AS-China, meskipun menjadi berita positif, tetapi di atas kertas masih belum jelas dan masih tersegel. Itu membuat investor sedikit berhati-hati," kata Chris Gaffney, presiden pasar dunia di TIAA Bank.

Beijing mengatakan pada hari Rabu bahwa itu pihaknya terus menjalin komunikasi dengan Washington terkait upacara penandatanganan perjanjian perdagangan. Hal itu mereka utarakan sehari setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia dan Presiden Cina Xi Jinping akan mengadakan acara seperti itu.

Konflik dagang yang terjadi selama 18 bulan antara dua ekonomi terbesar di dunia telah memaksa banyak bank sentral untuk melakukan pelonggaran pada kebijakan moneternya.

Tentu ini jadi hal yang baik bagi emas sehingga harganya melambung lebih dari 15% sepanjang tahun ini.


"Di sisi lain catatan positif pada ekonomi global juga memicu peningkatan harga-harga saham dan membebani harga emas. Volume juga cukup rendah," tambah Gaffney.

Investor masih optimis bahwa harga emas akan naik dalam waktu dekat, dan membeli ketika harga turun, kata Michael Matousek, kepala trader di Investor Global AS.

Ketidakpastian ekonomi dan geopolitik dan hutang yang menggunung juga memberikan dukungan terhadap harga emas, tambahnya.

klik simulasi trading




Harga Emas Dunia Naik 2%, Emas Antam 1%, Cuan Gede!




Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia bergerak naik pada perdagangan pekan ini. Harga emas terangkat pada saat mata uang Negeri Paman Sam terpuruk.

Sepanjang minggu ini, harga emas dunia di pasar spot melesat 2,19%. Harga emas pun kembali menembus level psikologis US$ 1.500/troy ons.

Sementara harga emas acuan yang diproduksi 
PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) naik 1,57% selama pekan ini. Harga emas Antam sempat stagnan berhari-hari sebelum naik tajam pada perdagangan kemarin.
Dolar AS Rontok, Emas Dapat Momentum
Penguatan emas ditopang oleh pelemahan mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Sepanjang pekan ini, Dollar Index (yang mencerminkan posisi greenback di hadapan enam mata uang utama) terkoreksi 0,79%  secara point-to-point.

Emas adalah komoditas yang dibanderol dengan dolar AS. Kala dolar AS melemah, maka harga emas menjadi murah bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas meningkat, harga pun terangkat.

Pelemahan dolar AS disebabkan oleh meningkatnya 
risk appetite pelaku pasar. Investor berani masuk ke instrumen berisiko karena damai dagang AS-China yang semakin dekat.

"Dolar AS melemah seiring antisipasi pasar terhadap damai dagang AS-China fase I yang akan segera ditandatangani. Selain itu, kebijakan moneter juga kemungkinan masih cenderung longgar karena inflasi yang masih rendah," tulis Action Economics dalam risetnya.

Bank Sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) melihat inflasi dari angka 
Personal Consumption Expenditure (PCE) inti atau core. Pada November, laju PCE inti AS adalah 1,6% year-on-year (YoY). Melambat dibandingkan bulan sebelumnya yaitu 1,7% YoY.

The Fed memasang target inflasi berada di kisaran 2% dalam jangka menengah. Saat ini realisasi inflasi masih di bawah target tersebut. Oleh karena itu, masih ada alasan bagi Ketua Jerome 'Jay' Powell dan kolega untuk menurunkan suku bunga acuan.

Potensi penurunan suku bunga acuan membuat berinvestasi di dolar AS menjadi kurang menguntungkan (terutama di aset berpendapatan tetap). Permintaan dolar berkurang dan nilai tukarnya melemah. Namun ini justru menjadi sentimen penguatan harga emas.

untuk simulasi trading emas, klik tautan di bawah