Selasa, 21 Januari 2020

PENGUMUMAN BOJ DAN SIDANG TRUMP MENJADI FOKUS PASAR





Liburnya pasar AS semalam meningkatkan sikap hati hati pasar jelang sidang pemakzulan Trump, setelah proyeksi positif dari IMF semalam. Bank of Japan juga dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan moneter terkininya pada pagi hari ini, diekspektasikan akan dirilis pada jam 10:00 WIB.

International monetary Fund, merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi global kemarin malam. Dengan proyeksi peningkatan pertumbuhan di tahun 2020 ini, setelah pelemahan 2 tahun terakhir. IMF menambahkan suksesnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok juga menjadi faktor penentu bila tidak timbul kembali tarif-tarif import baru yang berpeluang menggagalkan perjanjian tahap pertama tersebut. Pasar juga menantikan kebijakan moneter terbaru dari Bank of Japan, dengan proyeksi dovish berpotensi melemahkan mata uang yen jepang dan menagangkat USDJPY naik.

Senat AS diekspektasikan akan memulai sidang pemakzulan Presiden AS, Donald Trump malam nanti, sekembalinya warga AS dari libur akhir pekan panjang kemarin. Persidangan pemakzulan Trump atas tuduhan penggunaan kekuasaan secara berlebihan oleh partai Demokrat AS. Persidangan akan dilaksanakan selama 6 hari kerja dan mungkin diselesaikan dengan voting. Walau mayoritas pasar memandang Senat tidak akan menyatakan Trump bersalah, sikap hati-hati sebagian pelaku pasar membatasi pergerakan harga hingga perkembangan lebih lanjut.






Potensi Pergerakan


EMAS
Bila pasar melanjutkan sikap beli emas setelah kabar pelonggaran dari PBOC pagi ini, Harga emas berpeluang naik menguji level resisten di $1568 - $1570. Level support pada kisaran $1556 - $1558.

MINYAK
Redanya ketegangan di Timur Tengah dan Libia, dan kekhawatiran meningkatnya produksi minyak mentah AS, berpotensi menekan harga minyak turun menguji support $58.00 - $58.25. Level resisten pada kisaran $59.30 - $59.50.

EURUSD
Sikap hati-hati pelaku pasar terkait sidang pemakzulan Trump dan kembalinya pesimisme lancarnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok, berpotensi menekan EURUSD turun menguji support 1.1075. Level resisten pada kisaran 1.1100 - 1.1125.

GBPUSD
Sikap hati-hati pelaku pasar terkait sidang pemakzulan Trump dan kembalinya pesimisme lancarnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok, bepeluang menekan turun GBPUSD menguji support 1.2960 - 1.2980. Level resisten pada kisaran 1.3030 - 1.3060.

USDJPY
Kabar pelonggaran dari PBOC mendukung minat pasar terhadap aset safe have, dan telah menekan USDJPY turun, berpeluang menguji support 109.50 - 109.90. Fokus pasar pada kebijakan BoJ pagi ini, bila pernyataan bernada dovish, berpotensi angkat USDJPY naik menguji resisten 110.30 - 110.50.

AUDUSD
AUDUSD tertekan oleh kabar pelonggaran PBOC pagi ini, berpotensi menguji spport pada kisaran 0.6850. Level resisten pada kisaran 0.6890 - 0.6910.


sumber: monexnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

harap beri tanggapan positif, sopan dan membangun.