Selasa, 21 Januari 2020

Ini Deretan Investasi Bodong yang Pakai Skema Ponzi





Jakarta - Investasi ilegal dengan menggunakan skema Ponzi banyak beredar di dalam negeri. Meski ngakunya investasi, tapi sebenarnya kegiatan dengan skema Ponzi adalah penipuan.

Kenapa penipuan? karena kegiatan tersebut memberikan iming-iming keuntungan yang selangit. Padahal, uang nasabah atau anggota tak jelas ke mana larinya. Uang yang diinvestasikan cuma berputar-putar untuk para anggota.


Kalau makin lama dibiarkan, skema Ponzi bisa langsung runtuh dan bikin rugi semua anggota. Karena itu, masyarakat perlu hati-hati bila ditawari investasi pakai skema Ponzi.


Nah, apa saja sih penipuan berkedok investasi yang pakai skema Ponzi? berikut rangkuman detikcom di halaman selanjutnya.




1. MeMiles
Kasus MeMiles jadi yang paling hangat dibicarakan. MeMiles menjanjikan satu unit mobil Lexus RX 300 yang harganya sekitar Rp 1,3 miliar. Anggota bisa mendapatkan mobil tersebut hanya dengan top up Rp 30 juta. Selain Lexus, MeMiles juga memberikan bonus berupa Lamborghini dengan top up Rp 100 juta.


Sebelumnya Kepada awak media, MeMiles mengklaim sebagai aplikasi periklanan. Aktivitas membeli slot iklan dalam aplikasi MeMiles itu oleh para member disebut dengan istilah top up atau sederhananya menyetor dana. Akumulasi setoran para member ini secara keseluruhan disebut sebagai omzet nasional.

2. First Travel
Satgas Waspada Investasi menghentikan kegiatan First Travel karena diduga merugikan masyarakat dengan sistem ponzi. Selanjutnya Kementerian Agama mencabut izin operasi perusahaan tersebut.



First Travel memberangkatkan banyak jemaah pertamanya dengan uang jemaah yang mendaftar setelahnya. Dalam masa tertentu, uang jemaah baru tak cukup untuk memberangkatkan jemaah sebelumnya.

3. Q-Net
Qnet terindikasi melakukan penipuan berkedok investasi dengan menjalankan skema multilevel marketing. Para anggota baru dijanjikan setiap kelipatan tiga masing-masing kaki kiri dan kanan akan mendapatkan US$ 250, bahkan mereka juga dijanjikan bisa mendapatkan Rp 11 miliar dalam satu tahun dengan syarat para anggota tersebut bekerja tekun.

Namun, Satgas Waspada Investasi sudah menerbitkan siaran pers yang menyebutkan entitas investasi ilegal di Indonesia, salah satunya adalah PT Amoeba Internasional yang berafiliasi dengan PT Q-Net.

4. Pandawa Group
Koperasi yang berlokasi di Wilayah Depok ini, sempat menjadi sorotan pada tahun 2017 lalu. Investasi bodong ini menyebut dirinya koperasi, padahal mereka tak memiliki badan hukum pendirian sebagai koperasi.

Jadi koperasi abal-abal itu menawarkan imbalan hasil yang sangat besar bahkan tak masuk akal untuk setiap dana yang disimpan di sana. Bahkan korban dari investasi ini mencapai ribuan orang. Dari investasi bodong ini, kerugian korban diperkirakan mencapai Rp 3 triliun.


sumber: detikFinance

PENGUMUMAN BOJ DAN SIDANG TRUMP MENJADI FOKUS PASAR





Liburnya pasar AS semalam meningkatkan sikap hati hati pasar jelang sidang pemakzulan Trump, setelah proyeksi positif dari IMF semalam. Bank of Japan juga dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan moneter terkininya pada pagi hari ini, diekspektasikan akan dirilis pada jam 10:00 WIB.

International monetary Fund, merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi global kemarin malam. Dengan proyeksi peningkatan pertumbuhan di tahun 2020 ini, setelah pelemahan 2 tahun terakhir. IMF menambahkan suksesnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok juga menjadi faktor penentu bila tidak timbul kembali tarif-tarif import baru yang berpeluang menggagalkan perjanjian tahap pertama tersebut. Pasar juga menantikan kebijakan moneter terbaru dari Bank of Japan, dengan proyeksi dovish berpotensi melemahkan mata uang yen jepang dan menagangkat USDJPY naik.

Senat AS diekspektasikan akan memulai sidang pemakzulan Presiden AS, Donald Trump malam nanti, sekembalinya warga AS dari libur akhir pekan panjang kemarin. Persidangan pemakzulan Trump atas tuduhan penggunaan kekuasaan secara berlebihan oleh partai Demokrat AS. Persidangan akan dilaksanakan selama 6 hari kerja dan mungkin diselesaikan dengan voting. Walau mayoritas pasar memandang Senat tidak akan menyatakan Trump bersalah, sikap hati-hati sebagian pelaku pasar membatasi pergerakan harga hingga perkembangan lebih lanjut.






Potensi Pergerakan


EMAS
Bila pasar melanjutkan sikap beli emas setelah kabar pelonggaran dari PBOC pagi ini, Harga emas berpeluang naik menguji level resisten di $1568 - $1570. Level support pada kisaran $1556 - $1558.

MINYAK
Redanya ketegangan di Timur Tengah dan Libia, dan kekhawatiran meningkatnya produksi minyak mentah AS, berpotensi menekan harga minyak turun menguji support $58.00 - $58.25. Level resisten pada kisaran $59.30 - $59.50.

EURUSD
Sikap hati-hati pelaku pasar terkait sidang pemakzulan Trump dan kembalinya pesimisme lancarnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok, berpotensi menekan EURUSD turun menguji support 1.1075. Level resisten pada kisaran 1.1100 - 1.1125.

GBPUSD
Sikap hati-hati pelaku pasar terkait sidang pemakzulan Trump dan kembalinya pesimisme lancarnya pelaksanaan kesepakatan dagang AS - Tiongkok, bepeluang menekan turun GBPUSD menguji support 1.2960 - 1.2980. Level resisten pada kisaran 1.3030 - 1.3060.

USDJPY
Kabar pelonggaran dari PBOC mendukung minat pasar terhadap aset safe have, dan telah menekan USDJPY turun, berpeluang menguji support 109.50 - 109.90. Fokus pasar pada kebijakan BoJ pagi ini, bila pernyataan bernada dovish, berpotensi angkat USDJPY naik menguji resisten 110.30 - 110.50.

AUDUSD
AUDUSD tertekan oleh kabar pelonggaran PBOC pagi ini, berpotensi menguji spport pada kisaran 0.6850. Level resisten pada kisaran 0.6890 - 0.6910.


sumber: monexnews